DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Pelayanan pada Program Inovasi Anak Lahir Akta Yes (ALAY) (Studi Kasus dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin)
PENGARANG:DITA INDAH SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ABSTRAK

Dita Indah Sari, 1710411320012, 2021, Efektivitas Pelayanan pada Program InovasiAnak Lahir Akta Yes (ALAY) (Studi Kasus dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan SipilKota Banjarmasin). Dibawah bimbingan Taufik Arbain.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana efektivitas pelayanan pada program inovasi Anak Lahir Akta Yes (ALAY) serta apa saja faktor pendukung dan penghambat efektivitas pelayanan pada program inovasi Anak Lahir Akta Yes (ALAY) dalam pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kota Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pejabat Disdukcapil, petugas pelayanan Disdukcapil, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas pelayanan pada Program Inovasi Anak Lahir Akta Yes (ALAY) dalam pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kota Banjarmasin terkait 7 (tujuh) aspek standar pelayanan inovasi, yaitu: 1) Persyaratan Pelayanan; 2) Sistem, Mekanisme, dan Prosedur; 3) Jangka Waktu Penyelesaian; 4) Produk Pelayanan; 5) Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas; 6) Kompetensi Pelaksana; dan 7) Pengawasan Internal dapat dikatakan belum efektif dikarenakan belum memenuhi 3 (tiga) indikator pengukuran efektivitas yaitu: 1) Pencapaian Tujuan, 2) Integrasi, dan 3) Adaptasi. Adapun faktor yang mendukung Efektivitas pelayanan pada Program Anak Lahir Akta Yes (ALAY) dalam pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil Kota Banjarmasin yaitu: 1) Server Jaringan Lancar; dan 2) Sumber Daya yang Kompeten, sedangkan faktor penghambat yaitu 1) Budaya Masyarakat, dan 2) Fasilitas Sumber Daya.

Saran dari penelitian ini merekomendasikan kepada Disdukcapil Kota Banjarmasin agar lebih gencar lagi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar informasi mengenai inovasi Anak Lahir Akta Yes (ALAY) lebih dipahami oleh masyarakat, serta diharapkan memberikan penambahan sarana dan prasrana serta sumber daya manusia untuk menunjang penyelenggaraan program inovasi Anak Lahir Akta Yes (ALAY) agar dapat menghasilkan pelayanan yang prima.

Kata Kunci: Efektivitas, Inovasi ALAY

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI