DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL BANJARBARU DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE
PENGARANG:TIA ANJAS SWARY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


Tia Anjas Swary, 1710414220032, 2021, Strategi KomunikasiDinas Kependudukandan Pencatatan Sipil Banjarbaru Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Secara Online. Dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Siswanto Rawali.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan terobosan baru dengan mengadakan pelayanan secara online untuk warga Kota Banjarbaru melalui Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjarbaru dalam pelaksanaan pelayanan publik secara online dan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik secara online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjarbaru.

Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, Staff PIAK dan Pemanfaatan Data, Staff Bagian Umum dan pengguna aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile. Teknik analisis data menggunakan Teknik Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Disdukcapil Banjarbaru meliputi, mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, pemilihan media dan evaluasi. Disdukcapil Banjarbaru lebih memprioritaskan penyebaran pesan melalui media sosial untuk sosialisasi pelayanan secara online dengan Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile. Faktor penghambat dari pelaksanaan pelayanan publik secara online Disdukcapil Banjarbaru antara lain kendala pembagian tugas, kendala pengiriman dokumen, kurangnya pemahaman masyarakat tentang pelayanan secara online, diperlukan perangkat untuk mengakses aplikasi dan ketidakseriusan masyarakat saat menginput data.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Disdukcapil Banjarbaru, Pelayanan Publik, Online

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI