DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT.TELKOMSEL DI KOTA BANJARMASIN ( Studi Pada Masyarakat Pengguna Telkomsel di Kota Banjarmasin )
PENGARANG:HANISA DEA NANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-26


ABSTRAK

Hanisa Dea Nanda, 1710414220010, 2021. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Citra Perusahaan PT.Telkomsel di Kota Banjarmasin (Studi pada Masyarakat Pengguna Telkomsel di Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Sarwani dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

Persaingan antar perusahaan Telekomunikasi semakin ketat, dan CRM menjadi usaha yang diperlukan oleh sebuah perusahaan agar dapat menjangkau juga menjaga berhubungan dengan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management terhadap Citra Perusahaan PT.Telkomsel di Kota Banjarmasin secara simultan. Dengan menggunakan penelitian Kuantitatif dan tipe penelitian Eksplanatif dibantu oleh Software IBM SPSS 25.0. Sampel terdiri dari 317 responden yang dikumpulkan menggunakan teknik purposive nonprobability sampling dengan kriteria berdomisili di Kota Banjarmasin, berusia 17 hingga 45 tahun, dan merupakan pengguna produk Telkomsel. Pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan skala Likert, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang diberikan Customer Relationship Management terhadap Citra Perusahaan PT.Telkomsel di Kota Banjarmasin  sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan koefisien determinasi atau besaran persen sebesar 56,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh Customer Relationship Management terhadap Citra Perusahaan adalah sebesar 56,6% dan 43,4 sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel Customer Relationship Management.

Kata Kunci : Customer Relationship Management, Citra Perusahaan, Telkomsel, pelayanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI