DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS IKLAN ANIMASI MENGGUNAKAN EPIC MODEL
PENGARANG:NOVANTIA ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-09


ABSTRAK

Annisa, Novantia. 1710414220022. 2021. Efektivitas Iklan Animasi Menggunakan Epic Model (Studi Pada Penonton Iklan GoPay “Pevita Ditembak Jota Bertindak” di Youtube). Dibimbing oleh Atika dan M. Mutahhari Ramadhani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan animasi efektif dalam mencapai tujuannya walaupun tampilan visual tidak lebih nyata dibandingkan iklan non-animasi. Dalam hal ini efektivitas iklan animasi tersebut diukur menggunakan EPIC Model, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas iklan animasi GoPay “Pevita Ditembak, Jota Bertindak” di Youtube.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian evaluatif. Populasi dari penelitian ini adalah penonton iklan animasi GoPay “Pevita Ditembak Jota Bertindak” di Youtube dengan sampel sebanyak 100 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan EPIC model, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. 

Berdasarkan hasil efektivitas iklan nimasi GoPay “Pevita Ditembak Jota Bertindak” di Youtube menggunakan EPIC model dengan total nilai EPIC rate sebesar 3,18 dinyatakan efektif, sehingga hasil hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat dilihat dari skor rata-rata dari masing-masing dimensi yaitu; Empathy sebesar 3,455 ; Persuasion sebesar 2,87 ; Impact sebesar 3,118 ; dan Communication sebesar 3,294. Sehingga pada teori S-O-R terbukti karena pada dimensi empathy, diketahui bahwa stimulus diterima oleh organism sehingga mendapat perhatian penonton, maka stimulus dinyatakan efektif. Pada Hierarchy of Effect Theory tahapan paling dominan adalah tahapan liking dimana memuat dimensi empathy yang menempati rentang penilaian sangat efektif, dan tahapan paling rendah yaitu tahapan conviction dan purchase dimana terdapat dimensi persuasion dengan nilai EPIC rate paling rendah.

 

Kata kunci : Iklan Animasi, Efektivitas, EPIC Model

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI