DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI PUBLIK BUS RAPID TRANSIT BANJARBAKULA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:GUSTI ADE SUKMA HENDRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-17


Gusti Ade Sukma Hendrawan, 1710413210006, Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bus Rapid Transit Banjarbakula Provinsi Kalimamtan Selatan. Dibawah Bimbingan Suriansyah Umar dan Arif Rahman Hakim.

 Penelitian ini dilakukan dengan tujukan mengetahui dan menganalisis tentang kualitas pelayanan jasa transportasi publik Bus Rapid Transit Banjarbakula Provinsi Kalimantan Selatan, yang disedikan oleh pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Selatan.

Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah Kuantitatif yang menggunakan strategi dalam meneliti dengan menekankan pada usaha mengumpulkan informasi-informasi tentang suatu fenomena, yang kemudian diolah melalui teknik-teknik statistik yang telah ditentukan.

Hasil Penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan yang baik terhadap jasa transportasi publik Bus Rapid Transit Banjarbakula Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam penelitian ini terdapat 5 (lima) indikator yang digunakan sebagai upaya penilaian terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Provinsi Kalimantan Selatan, indikator tersebut yaitu Tangible, dalam indikator ini menunjukan bahwa kemampuan penyelenggara layanan dinilai berdasarkan kelayakan dan  kenyamanan armada. Indikator kedua yaitu  Reliability, pada indikator ini juga menunjukan respon yang baik, hal ini dinilai berdasarkan profesionalisme petugas dalam memberikan layanan. Indikator selanjutnya yaitu Responsiviness, indikator ini menunjukan hal yang baik, dinilai berdasarkan efisiensi waktu dan ketanggapan petugas dalam mengatur pelayanan. Indikator keempat yaitu Assurance, indikator ini menunjukan ha yang berbeda, dinilai kurang dalam meberikan jaminan kepada pengguna layanan, baik untuk keselamatan maupun ketepatan waktu. Indikator terakhir yaitu Empathy yang menujukan hasil yang baik juga, dinilai dari sikap dan perhatian petugas dalam memberikan layanan, petugas dinilai ramah dan sopan dalam melayangi pengguna layanan.

Saran bagi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan selaku yang menaungi Bus Rapid Transit (BRT) ini terus mengembangka perbaikan untuk beberapa titik halte demi kenyamaan pengguna Bus Rapid Transit (BRT) serta penambahan armana agar tidak terjadi penumpukan penumpang.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Transportasi, Bus Rapit Transit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI