DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Mal Pelayanan Publik Barokah dalam Pembuatan e-KTP di Kabupaten Banjar
PENGARANG:Julia Fitriani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-03-31


Julia Fitriani 1810413220007 Efektivitas Mal Pelayanan Publik Barokah 

dalam Pembuatan e-KTP di Kabupaten Banjar Dibimbing oleh Arif Rahman 

Hakim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Mal 

Pelayanan Publik Barokah di Kabupaten Banjar dalam pembuatan e-KTP dan apa 

saja faktor penghambatnya.

Tipe penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penentuan informan 

menggunakan non probability sampling dengan tekning purposive sampling.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan 

dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan alur reduksi data, 

penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian Mal Pelayanan Publik Barokah di Kabupaten Banjar 

dalam pembuatan e-KTP sudah efektif dengan memenuhi keempat indikator 

efektivitas dari Subagyo. Mal Pelayanan Publik Barokah sudah melakukan 

sosialisasi program dengan baik melalui beberapa cara, sasaran program 

pembuatan e-KTP sudah tepat sasaran, pemantauan program sudah dilakukan baik 

secara internal maupun eksternal, dan tujuan program pembuatan e-KTP sudah 

tercapai. Walaupun dalam praktiknya masih mempunyai banyak faktor 

penghambat baik secara internal maupun eksternal, terutama pada efektivitas 

waktu pelayanan.

Penulis menyarankan kepada Mal Pelayanan Publik Barokah untuk 

meningkatkan efektivitas pelayanan, dengan cara meningkatkan sosialisasi di 

sosial media dan dari mulut ke mulut. Saran untuk masyarakat adalah 

meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan dan 

pentingnya mengawasi pelayanan e-KTP di Mal Pelayanan Publik Barokah 

Kabupaten Banjar.

Kata Kunci : Efektivitas, Mal Pelayanan Publik, e-KTP.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI