DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) BANJARBAKULA RUTE BANJARMASIN – BANJARBARU TERHADAP MASYARAKAT KAL-SEL
PENGARANG:JULI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-14


ABSTRAK

Juli Saputra, 1820421310013, 2021: ” Kualitas Pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula Rute Banjarmasin – BanjarbaruTerhadap Masyarakat Kal-Sel”. Di bawah bimbingan Mahyuni dan Jamaluddin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula Rute Banjarmasin – Banjarbaru Terhadap Masyarakat Kal-Sel. Kemudian dideskripsikan dan dianalisis dari aspek tangible, reliablility,responsiviness, assurance dan empathy.

Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dalam jumlah sampel sebanyak 100orang konsumen yang menggunakan layanan Bus Rapid Transit ini. Untuk mengarahkan dan menganalisis alat ukur data yang digunakan yaitu data interval. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, sedangkan teknik analisis menggunakan analisis perdimensi dan analisis total keseluruhan.

Hasil penelitian dideskripsikan setiap pertanyaan dari 18 pertanyaan untuk kualitas pelayanan dan 16 pertanyaan untuk harapan kepuasan pelayanan Bus Rapid Transit dari masing-masing indikator kemudian di hitung secara parsial menghitung setiap indikator terbagi dari beberapa pertanyaan, kemudian dibagi pada lima dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula Rute Banjarmasin – Banjarbaru Terhadap Masyarakat Kal-Sel, hasil secara keseluruhan sebesar 85,97% masyarakat merasakan kualitas pelayanan dan fasilitas Bus Rapid Transit yang di rasakan sudah sangat baik adapun dari segi harapan masyarakat mengenai kepuasan pelayanan dan Fasilitas Bus Rapid Transit sebesar 88,73%  yang di katagorikan sudah sangat memenuhi harapan.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk pemerintah daerah agar dipertahankan dan ditingkatkanlagiupaya-upaya dalam memaksimalkan kualitas pelayanan bus rapid transit yang dimana sudah di katagorikan sangat baik dan sudah sangat memenuhi harapan agar minat masyarakat menggunakan bus rapid transit semakin tinggi.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harapan, Bus Rapid Transit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI