DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Organization Citizenship Behavior (OCB) Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai UPT Puskesmas Kertak Hanyar Kabupaten Banjar
PENGARANG:MUHAMMAD YUNAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


Muhammad Yunan (2021). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai UPT Puskesmas Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Pembimbing: Dr. Suyatno, Drs., M.Si

 

 

 

            Penelitian ini dilakukan di UPT Puskesmas Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasi; pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB); pengaruh komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB); dan pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan mediasi komitmen organisasi.

 

            Jenis penelitian ini merupakan penelitiankausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari 47 pegawai negeri sipil di UPT Puskesmas Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, yang dikumpulkan dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan skala likert untuk pengukuran item. Data yang memenuhi syarat untuk dianalisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis jalur.

 

            Analisis antar variabel penelitian yang dilakukan pada pegawai UPT Puskesmas Kertak Hanyar Kabupaten Banjar menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi serta terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Kemudian, komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB), dan secara parsial memediasi pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior(OCB).

 

 

Kata kunci: Iklim Organisasi, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI