DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kebugaran Jasmani Dari Aspek Frekuensi Aktivitas Fisik Pada Peserta Didik SMP Sederajat Di Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:KHALIL FATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-19


KHALIL FATA. 1810122310065. “Analisis Kebugaran Jasmani Dari Aspek Frekuensi Aktivitas Fisik Peserta Didik SMP Sederajat Di Kabupaten Hulu Sungai Utara”. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Tri Irianto, M. Kes. (Utama). Edwin Wahyu Dirgantoro, S. Or., M. Pd. (Pendamping).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani dari aspek frekuensi aktivitas fisik peserta didik SMP Sederajat di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 peserta didik MTsN 2 Hulu Sungai Utara yang berusia antara 13-15 tahun. Dengan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian TKJI menunjukkan bahwa kebugaran jasmani peserta didik MTsN 2 Hulu Sungai Utara terdapat 23 peserta didik (25,0%) dalam klasifikasi “Kurang Sekali”, 47 peserta didik (51,1%) dalam klasifikasi “Kurang”, 21 peserta didik (22,8%) dalam klasifikasi “Sedang”, 1 peserta didik (1,1%) dalam klasifikasi ‘Baik”, dan 0 peserta didik (0,0%) dalam klasifikasi “Baik Sekali”.

Berdasarkan data TKJI dianalisis, maka klasifikasi kebugaran jasmani peserta didik MTsN 2 HSU dalam klasifikasi “Kurang”. Sedangkan dari hasil kuesioner aspek frekuensi aktivitas fisik peserta didik di MTsN 2 HSU sudah mencukupi teori frekuensi kebugaran jasmani yaitu 2-3 kali dalam seminggu melakukan aktivitas fisik.

KATA KUNCI: Analisis, Kebugaran Jasmani, Frekuensi Aktivitas Fisik, MTsN
                             2 HSU.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI