DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LOKASI, PRODUK, DAN PENGALAMAN TERHADAP KEUNTUNGAN PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR TUNGGING BELITUNG KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Risa Aulia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perngaruh lokasi, produk, dan pengalaman terhadap keuntungan pedagang pakaian dan mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keuntungan pedagang pakaian di Pasar Tungging Belitung.

Penelitian ini bersifat kuantitatif yang dimana objek penelitian dilakukan di Pasar Tradisional yaitu Pasar Tungging Belitung Kota Banjarmasin dengan populasi sebesar 67 pedagang pakaian. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 58 pedagang pakaian dengan melakukan teknik random sampling dan rumus slovin. Sedangkan untuk pengambilan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lokasi (X1), produk (X2), pengalaman (X3), dan keuntungan (Y). Analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikan 0,005 dan juga menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi untuk mengetahui adanya pengaruh.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel produk, dan pengalaman signifikan berpengaruh terhadap keuntungan pedagang pakaian Pasar Tungging Belitung. Sedangkan, variabel lokasi tidak berpengaruh signfikan. Ada beberapa variabel yang memiliki pengaruh positif dan negatif yaitu produk (X1) memiliki pengaruh positif sebesar 753.068,291 dan pengalaman (X3) memiliki nilai positif sebesar 2.056.816,698. Sedangkan yang memiliki pengaruh negatif ialah lokasi (X1) sebesar – 220.510,380. Pengaruh dalam penelitian ini sebesar 93,0% dan sisanya 0,07 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Keuntungan, Lokasi, Produk, Pengalaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI