DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Bahasa Persuasi di Media Sosial Youtube dalam Rangka Menghimbau Masyarakat untuk Menaati Aturan Pencegahan Covid-19
PENGARANG:Dona Pratiwi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


Bahasa persuasi adalah cara yang digunakan oleh seorang pembicara dengan bahasa yang bersifat mengajak, mempengaruhi, membujuk, meyakinkan, mengimbau, dan saran kepada pendengar atau pembaca untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi bahasa persuasi, mendeskripsikan jenis persuasi pejabat di media sosial dalam rangka menghimbau masyarakat untuk menaati aturan pencegahan Covid-19. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan fungsi persuasi yang digunakan pejabat di media sosial Youtube dalam rangka menghimbau masyarakat untuk menaati aturan Covid-19 yaitu berfungsi sebagai ajakan, perintah, membujuk, meyakinkan, larangan dan saran/anjuran seperti yuk, mari, mohon, tidak perlu, segera, agar, sebaiknya, tetapi, sampaikan, harus, tolong, tegaskan, minta dan lain sebagainya. Teknik persuasi yang digunakan pejabat di media sosial Youtube dalam rangka menghimbau masyarakat untuk menaati aturan Covid-19 ialah teknik rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, penggantian, dan proyeksi.

Kata kunci: bahasa persuasi, media sosial, Covid-19. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI