DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEBUGARAN JASMANI DARI ASPEK INTENSITAS LATIHAN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 DI BANJARMASIN
PENGARANG:AKHMAD MILLIANDIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


 ABSTRAK

Akhmad Milliandika. 2022. Analisis Kebugaran Jasmani Dari Aspek Intensitas Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Di Banjarmasin. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Tri Irianto, M. Kes. (II) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or.,M.Pd (III) Lazuardy Akbar Fauzan, S.Pd.,M.Pd.

 

Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui analisis kebugaran jasmani dari aspek intensitas. Intensitas adalah keikhlasan, giat belajar baik fisik maupun psikis, sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Sedangkan pengertian belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan dalam diri seseorang. menganalisis kebugaran jasmani dari aspek intensitas. Dengan melalui Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) berdasarkan teori FITT (Frequency, Intensity, Type, Time). Penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif, untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan instrument berupa angket/ kuisioner dan tes tindakan. Jadi, peneliti menginginkan penelitian yang diteliti dapat memberi hasil yang yang objektif dan secara alami tidak dibuat-buat. Hasil analisis tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMPN 19 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, yaitu 17 peserta didik dengan klasifikasi Kurang Sekali, 44 Peserta didik dengan klasifikasi Kurang, 8 Peserta didik dengan klasifikasi Sedang, 1 Peserta didik dengan klasifikasi Baik, 0 peserta didik dengan klasifikasi Baik Sekali. Disimpulkan tingkat kebugaran jasmani Peserta didik SMPN 19 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022 dalam Klasifikasi Kurang tingkat kebugaran serta komponen kebugaran yang masih dalam klasifikasi kurang agar bisa menambah aktivitas fisik di luar jam sekolah. maksimal tiga kali seminggu sekali secara terprogram melakukan aktivitas fisik agar bisa meningkatkan kebugaran jasmaninya.

 

Kata Kunci: Aspek Intensitas, TKJI, FITT. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI