DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEBUGARAN JASMANI DARI ASPEK FREKUENSI AKTIVITAS FISIK PADA PESERTA DIDIK SMPN 1 MEKARSARI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MASRANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


ABSTRAK

MASRANI. NIM 1810122110008. Analisis Kebugaran Jasmani Dari Aspek Frekuensi Aktivitas Fisik Pada Peserta Didik SMPN 1 Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Payung : (1) Dr. Tri Irianto, M.Kes, (II) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Kebugaran Jasmani dari  Aspek Frekuensi Aktivitas Fisik Pada Peserta Didik SMPN 1 Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian yang berbentuk kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan tes dan angket/kuissioner.Peserta didik SMPN 1 Mekarsari sebanyak 80 peserta didik, diantaranya 41 peserta didik laki-laki dan 39 peserta didik perempuan dengan usia 13-15 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan sampel purposive sampling.

Hasil penelitian ini menujukka bahwa : Tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMPN 1 Mekarsari dari 80 peserta didik. Katagori kurang sekali sebanyak 25 atau 31.3%, katagori kurang sebanyak 41 atau 51.3%, katagori sedang sebanyak 12 atau 15%, katagori baik sebanyak 2 atau 2.5% dan katagori baik sekali 0. Kemudian hasil analisis melalui kuesioner kebugaran jasmani tiore FIIT dari aspek frekuensi aktivitas fisik pada peserta didik SMPN 1 Mekarsari, peserta didik hannya melakukan aktivtas olahraga antara satu sampai dua kali dalam satu minggu. Dari hasil tes TKJI rata-rata tingkat kebugaran jasmani peserta didik  dalam kalsifikasi “KURANG”kemudiaan dianalisis melalui kuesioner yaitu peserta didik SMPN 1 Mekarsari usia 13-15 tahun belum mencukupi frekuensi aktivitas fisik, sehinnga anatara hasil tes TKJI kemudian dianalisis menggunakan kuesioner hasilnya sesuai dengan tingkat kebugaran meraka dengan klasifikasi “KURANG”.

Kata Kunci : Analisis, Kebugaran Jasmani, Aspek Frekuensi Aktivitas Fisik Pada Peserta Didik SMPN 1 Mekarsari.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI