DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN GAMIFIKASI PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VIII
PENGARANG:AKHMAD RIZQAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


Perkembangan teknologi yang sangat pesat berdampak kepada bidang pendidikan. Maka dari itu, dalam pembuatan media pembelajaran harus memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep gamifikasi pada media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem persamaan linear dua variable dengan metode drill and practice yang disajikan dengan metode pembelajaran drill and practice dan menilai kelayakan media interaktif yang dikembangkan berdasarkan 3 kriteria kelayakan yaitu validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar siswa adalah soal tes, untuk mendapatkan data validitas menggunakan lembar validasi, serta untuk mendapatkan data respon pengguna menggunakan lembar respon pengguna. Dalam pengembangan media diperlukan HTML, CSS, PHP, Javascript, dan SQL sebagai teknologi yang digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis web. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan gamifikasi pada media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI