DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SYSTEMATIC DESENSITIZATION UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2018 FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:EDWIN RIVALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


ABSTRAK

                                                           

Edwin Rivaldi. 2022. Efektifitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Systematic Desensitization dalam Mengurangi Kecemasan Skripsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman , M.Pd. (II) Mufida Istati, M.Pd.

Kata Kunci : Teknik Systematic Desensitization, Kecemasan Skripsi

Kecemasan skripsi dapat menyebabkan terhambatnya mahasiswa dalam proses pengerjaan skripsi yang berdampak pada tertundanya kelulusan seorang mahasiswa. Dan hal itu ditemukan beberapa pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 FKIP ULM yang memiliki kecemasan skripsi dengan kategori sangat tinggi. Sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis layanan konseling individual dengan teknik systematic desensitization dalam mengurangi kecemasan skripsi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angktan 2018 FKIP ULM Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental design yang berbentuk Intac-Group Comparison, yaitu pada desain ini terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian, tetapi dibagi dua, yaitu setengah kelompok untuk eksperimen (yang diberi perlakuan) dan setengah untuk kelompok kontrol (yang tidak diberi perlakuan). Dalam penelitian ini sampel berjumlah 4 orang siswa yaitu 2 orang untuk kelompok eksperimen dan 2 orang untuk kelompok kontrol. Sampel diambil berdasarkan hasil angket kecemasan Skripsi, semua sampel berada dalam kategori sangat tinggi lalu dibagi sama rata.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus uji mann whitney yang menunjukkan bahwa hasil asymp.sig (2-tailed)/signifikasi untuk uji dua sisi adalah 0,042 atau probilitas dibawah 0,05 (0,042<0,05) maka maka ho ditolak.  Jadi kesimpulan pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa layanan konseling individual dengan teknik systematic desensitization efektif untuk mengurangi kecemasan skripsi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 FKIP ULM. Saran bagi peneliti selanjutnya,dapat menyikapi penelitian ini dalam situasi dan kondisi yang berbeda, serta mengenali kelebihan dan kekurangan dalam penerapan teknik systematic desensitization.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI