DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perspektif Gender dalam Novel “Tiga Orang Perempuan” Karya Maria A. Sardjono
PENGARANG:MINA MERDEKARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-22


ABSTRAK

 

Merdekarti, Mina. 2022. Perspektif Gender dalam Novel “Tiga Orang Perempuan” Karya Maria A. Sardjono.Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

Kata Kunci: Perspektif Gender

 

Kesadaran masyarakat tentang kesetaraan gender sudah berkembang cukup pesat, tetapi masih belum banyak masyarakat yang mencapai pemahaman idealitas gender. Kesetaraan gender yang benar akan terealisasikan dengan baik saat masyarakat memahami idealitas gender. Krisis keadilan atau kesetaraan gender masih menjadi perdebatan masyarakat dari dulu sampai sekarang. Permasalahan tersebut menjadi sebab pemilihan judul penelitian dengan Perspektif Gender dalam Novel “Tiga Orang Perempuan” Karya Maria A. Sardjono. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif gender dalam novel Tiga Orang Perempuan karya Maria A. Sardjono.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah novel Tiga Orang Perempuan karya Maria A. Sardjono. Data penelitian diperoleh dari metode dokumentasi, novel Tiga Orang Perempuan karya Maria A. Sardjono. Topik penelitian ialah perspektif gender yang diperoleh dari tuturan para tokoh dalam novel Tiga Orang Perempuan karya Maria A. Sardjono. Analisis data yang digunakan teknik analisis isi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian, yaitu perspektif gender terbagi menjadi keadilan atau kesetaraan gender dan ketidakadilan gender. keadilan atau kesetaraan gender yang ada dalam novel ialah pendidikan, pekerjaan, dan rumah tangga. Sedangkan ketidakadilan gender dalam novel ialah beban kerja, stereotip, dan kekerasan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI