DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBELAJARAN HADIS PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI MULTISITUS PAUD QUR'AN CAHAYA AR RAUDHAH DAN PAUD TERPADU SHABWA AMANAH KOTA BANJARBARU)
PENGARANG:MASRIAH HARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-02


Hariani, Masriah. 2022. Strategi Pembelajaran hadis pada  Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multisitus PAUD Qur'an Cahaya Ar Raudhah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah Banjarbaru). Tesis program studi masgister Pendidikan Anak Usia  Dini. program pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I ): Drs.  Sulaiman, M. Pd,. Ph. D. (II): Dr. Erny Wahdini, S. Pd,. M. Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Hadis, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian

 

Tujuan penelitian mengetahui strategi pembelajaran hadis pada PAUD. Penelitian  menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain multisitus pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi.Tahapannya meliputi reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan dengan penelitian dilakukan di PAUD  Qur’an Cahaya  Ar Raudhah  dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah Kota Banjarbaru.

Hasil penelitian yaitu  1)Perencanaan direncanakan sebelum pembelajaran dimulai dilakukan oleh guru bekerjasama dengan kepala PAUD, pembelajaran Hadis direncanakan bersama dengan pembelajaran lainnya.Target materi hadis satu minggu satu materi hadis menyesuaikan dengan kemampuan anak usia dini untuk mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran hadis meneladani sikap Rasul dan membiasakan berakhlak seperti akhlak Rasul  dalam berkehidupan.2)Pelaksanaan  pembelajaran hadis setiap hari setelah membaca doa, membaca asmaul husna,  surah pendek. Materi Hadis yaitu hadis kebersihan sebagian dari iman, berprilaku jujur, surga di bawah telapak kaki ibu, kasih sayang,  larangan marah, tentang cinta tanah air, larangan makan dan minum berdiri, saling memberi hadiah,berdoa yuk dan tersenyum.Metode pembelajaran Hadis metode pembiasaan,gerakan bernyanyi sambil bergerak dan demonstrasi.Media yang digunakan benda disekitar,media kertas bergambar yang didalamnya ada gambar dan hadis yang berwarna dan media melalui video kartun. Cara mengembangkan aspek perkembangan anak melalui pembelajaran Hadits dilaksanakan secara klasikal dan individual. 3) Penilaian pembelajaran Hadis dilaksanakan guru kelompok dan guru yang dibentuk dalam bentuk tim dengan penilaian harian dan semester

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI