DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | STRATEGI PEMBELAJARAN HADIS PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI MULTISITUS PAUD QUR'AN CAHAYA AR RAUDHAH DAN PAUD TERPADU SHABWA AMANAH KOTA BANJARBARU) | |
PENGARANG | : | MASRIAH HARIANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-12-02 |
Hariani, Masriah. 2022. Strategi Pembelajaran hadis pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multisitus PAUD Qur'an Cahaya Ar Raudhah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah Banjarbaru). Tesis program studi masgister Pendidikan Anak Usia Dini. program pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I ): Drs. Sulaiman, M. Pd,. Ph. D. (II): Dr. Erny Wahdini, S. Pd,. M. Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Hadis, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian
Tujuan penelitian mengetahui strategi pembelajaran hadis pada PAUD. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain multisitus pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi.Tahapannya meliputi reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan dengan penelitian dilakukan di PAUD Qur’an Cahaya Ar Raudhah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah Kota Banjarbaru.
Hasil penelitian yaitu 1)Perencanaan direncanakan sebelum pembelajaran dimulai dilakukan oleh guru bekerjasama dengan kepala PAUD, pembelajaran Hadis direncanakan bersama dengan pembelajaran lainnya.Target materi hadis satu minggu satu materi hadis menyesuaikan dengan kemampuan anak usia dini untuk mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran hadis meneladani sikap Rasul dan membiasakan berakhlak seperti akhlak Rasul dalam berkehidupan.2)Pelaksanaan pembelajaran hadis setiap hari setelah membaca doa, membaca asmaul husna, surah pendek. Materi Hadis yaitu hadis kebersihan sebagian dari iman, berprilaku jujur, surga di bawah telapak kaki ibu, kasih sayang, larangan marah, tentang cinta tanah air, larangan makan dan minum berdiri, saling memberi hadiah,berdoa yuk dan tersenyum.Metode pembelajaran Hadis metode pembiasaan,gerakan bernyanyi sambil bergerak dan demonstrasi.Media yang digunakan benda disekitar,media kertas bergambar yang didalamnya ada gambar dan hadis yang berwarna dan media melalui video kartun. Cara mengembangkan aspek perkembangan anak melalui pembelajaran Hadits dilaksanakan secara klasikal dan individual. 3) Penilaian pembelajaran Hadis dilaksanakan guru kelompok dan guru yang dibentuk dalam bentuk tim dengan penilaian harian dan semester
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI