DIGITAL LIBRARY



JUDUL:intervensi yang efektif untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia
PENGARANG:ACHMAD FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-15


ABSTRAK

INTERVENSI YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA: LITERATURE REVIEW

Achmad Fauzi

 

Latar belakang: Lansia adalah kelanjutan dariusia dewasa yang merupakan tahapan lanjut dari suatu kehidupan yang sudah ditentukan oleh Tuhan YangMaha Esa. Lansia mengalami penurunanefektifitas tidur pada malam hari sebesar70-80% dibandingkan dengan usia muda. Maka dari itu penting sekali untuk menggetahui intervensi apa yang efektif untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia.

Tujuan: Untuk mengetahui intervensi apa yang efektif untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia.

Metode: Studi ini menggunakan literature review, dari tiga basis data elektronik; Google Scholar, dan Portal Garuda dan Scince.direct dalam rentang tahun 2010-2020 ditemukan 24 literatur yang sesuai dengan kata kunci. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasy experiment 24 artikel ditelaah menggunakan instrument Joanna briggs institute critical appraisal tools for Studies Reporting Prevalence Data.

Hasil: Hasil sintesis data pada 24 artikel didapatkan bahwa efektivitas dari 24 artikel efektif untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia dan beberapa artikel lainnya tidak ada perubahan yang bermakna, Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan atau acuan dalam memilih intervensi yang akan diberikan kepada lansia terkait meningkatkan kualitas tidur pada lansia.

Pembahasan:Lansia adalah salah satu tahap perkembangan dalam daur kehidupan.Sebagian besar lansia yang mengalami gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk adalah lansia wanita dengan rentang usia 60 tahun keatas.

Kata Kunci: Intervensi, kualitas tidur, lansia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI