DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“BRAND COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN BRAND LOYALTY HONDA” (STUDI PADA KOMUNITAS IKATAN MOTOR HONDA KALIMANTAN SELATAN DAN KALIMANTAN TENGAH “IMHKST”)
PENGARANG:Muhammad Azmil Ridho Fasya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


ABSTRAK

 

Muhammad Azmil Ridho Fasya. 1810414310025. 2022. Brand Community Dalam Meningkatkan Brand Loyalty Honda (Studi Pada Komunitas Ikatan Motor Honda Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah “IMHKST”). Dibimbing oleh Siswanto Rawali.

 

Pesatnya pertumbuhan kendaraan roda dua yang terjadi di Indonesia saat ini  menimbulkan persaingan terhadap setiap perusahaan roda dua, dan perusahaan harus mengamankan citra merek dengan melakukan sebuah strategi. Penelitian ini berfokus pada brand community dalam meningkatkan brand loyalty. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui brand community pada komunitas IMHKST dalam meningkatkan brand loyalty merek Honda.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan metode. Kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perkembangan kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan, secara umum komunitas IMHKST telah melakukan komponen brand community ,yaitu kesadaran bersama yang merupakan wujud sebuah komunitas yang solid, dan dengan atribut yang dimiliki IMHKST dapat memberikan rasa bangga bagi setiap anggota serta memahami arti penting dari sebuah merek. Ritual dan tradisi yang dilakukan IMHKST menanamkan perpspektif bagus terhadap merek Honda seperti membagikan pengalaman yang positif ke sesama anggota dan masyarakat yang akan mempertahankan eksistensi komunitas dan rasa tanggung jawab moral yang dimiliki oleh setiapa anggota IMHKST yang tergabung dan diberikan bukan hanya kepada anggota namun juga rasa tanggung jawab moral diberikan kepada masyarakat yang akan menghasilkan tindakan koletif untuk berkontribusi terhadap kesatuan kelompok dan masyarakat. Dengan dilakukannya tiga komponen brand community oleh IMHKST, maka hal tersebut dapat meningkatkan brand loyalty dari merek Honda dengan terdapatnya pembelian secara teratur, melakukan pembelian di luar lini produk  atau jasa, merekomendasikan kepada orang lain dan menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing terhadap merek Honda.

 

Kata kunci : Brand community, Brand loyalty, Komunitas

 

ABSTRACT

 

Muhammad Azmil Ridho Fasya. 1810414310025. 2022. Brand Community In Improving Brand Loyalty Honda (Study on the Honda Motor Association Community of South Kalimantan and Central Kalimantan "IMHKST"). Guided by Siswanto Rawali.

 

            The rapid growth of two-wheeled vehicles that is happening in Indonesia today creates competition for every two-wheeled company, and companies must secure their brand image by implementing a strategy. This research focuses on brand community in increasing brand loyalty. The purpose of this study was to determine the brand community in the IMHKST community and increase brand loyalty for the Honda brand.

            The research approach uses a qualitative approach with a descriptive type. Data collection techniques used in the form of interviews, observations, and documentation were then tested for their validity through triangulation of sources and methods. then analyzed using the interactive model of Miles and Huberman. The theory used in this study is the theory of group development.

            The results show that in general, the IMHKST community has carried out a brand community component, namely mutual awareness, which is a form of solid community, and with the attributes owned by IMHKST can give each member a sense of pride and understand the importance of a brand. The rituals and traditions carried out by IMHKST instill a good perspective on the Honda brand, such as sharing positive experiences with fellow members and the community that will maintain the existence of the community and the sense of moral responsibility that each member of IMHKST has and is given not only to members but also to a sense of responsibility. Society will be given moral responsibility, which will result in collective action to contribute to the unity of the group and society. With the implementation of the three components of the brand community by IMHKST, it can increase brand loyalty of the Honda brand by making regular purchases, making purchases outside the product or service line, recommending to others, and showing immunity from the attractiveness of similar products from competitors to the brand. Honda

 

Keywords : Brand community, Brand loyalty, Community

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI