DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CV. UTAMA RASA BERJAYA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SIRUP MONIN
PENGARANG:MUHAMMAD REZA FAJARRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


MUHAMMAD REZA FAJARRAHMAN. 1610414310022, Tahun 2022, Program Sarjana, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Strategi Komunikasi Pemasaran CV. Utama Rasa Berjaya Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Sirup Monin, Tim Pembimbing: Bachruddin Ali Akhmad dan Lalita Hanief

Belum optimalnya fungsi pemasaran penjualan produk sirup monin pada masa pandemi dan era media sosial. Tutupnya sebagian horeca juga penyebab berkurangnya pemesanan. Hal ini membutuhkan strategi pemasaran yang lebih tepat agar menyentuh semua aspek pasar.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lamanya penelitian yang penulis lakukan 5 bulan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi. Jumlah informan sebanyak 3 orang dari pihak-pihak yang berkompeten dan memahami focus penelitian di CV. Utama Rasa Berjaya, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menjelaskan strategi komunikasi berupa penyampaian sumber informasi, pesan yang disampaikan, penggunaan media dan waktu sebagai sarana dan pemanfaatan khalayak sebagai penggiringan opini customer untuk membeli produk yang dipasarkan. Strategi pemasaran berupa mengontrol kebutuhan dan permintaan untuk stabilitas harga, kemudian penentuan produk, nilai, biaya dan kepuasan dengan melakukan survey, dan melaksanakan transaksi dan menjalin hubungan baik dengan customer. Strategi Komunikasi pemasaran berupa  produk dengan kualitas terbaik, harga yang terjangkau, system rantai distribusi yang sederhana serta penekanan biaya distribusi, melakukan promosi dibantu media disertai dengan penggunaan strategi komunikasi pemasaran dua bentuk yaitu strategi tarik dan dorong. CV. Utama Rasa Berjaya melakukan delapan tahap perencanaan komunikasi pemasaran, yaitu Mengidentifikasi khalayak, menemukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan anggaran promosi, membuat keputusan bauran promosi, mengukur hasil promosi dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran terintegrasi.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemasaran, Penjualan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI