DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Style untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA
PENGARANG:TITI SUNDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-17


PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS LEARNING STYLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMA (Oleh: Titi Sundari; Pembimbing: Atiek Winarti, Almubarak; 2022; 264 halaman)

 

ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas produk media e-learning berbasis ­learning style yang dikembangkan yaitu berupa e-poster, podcast, dan video interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan diujicobakan pada 32 orang peserta didik kelas X PMIA 1 SMA Negeri 3 Banjarmasin. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen angket gaya belajar berisi 30 butir pernyataan yang diadaptasi dari Chislett dan Chapman (2005), dan instrumen motivasi belajar yang terdiri dari 22 penyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus Aiken’s V, dan uji wilcoxon signed rank. Hasil penelitian media baik e-poster, podcast, dan video interaktif dinyatakan sangat valid. Media praktis digunakan dengan hasil uji keterbacaan pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, respon peserta didik dan guru masing-masing sebesar 75,13%, 84,49%, 94,56% dan 94%, serta aktivitas guru menggunakan media dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 93,62%. Media ini juga efektif dengan nilai N-gain motivasi belajar dan hasil belajar kognitif yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan produk media e-learning berupa e-poster, podcast, dan video interaktif telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektifitas.

Kata kunci       : Elektrolit dan Non Elektrolit, Hasil belajar, Learning style, Media ­   E-Learnig, Motivasi belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI