DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN NOMOR 07 TAHUN 2010 PADA BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BANJARMASIN TAHUN 2021
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHA NIFIZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-21


 

Muhammad Ridha Nifizi (2022). Analisis Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 07 Tahun 2010 Pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Banjarmasin Tahun 2021. Pembimbing: Rasidah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui dan menganalisis apakah akuntansi aset tetap pada BBPPKS Banjarmasin pada tahun 2021 telah sesuai dengan PSAP Nomor 07 Tahun 2010 Tentang Akuntansi Aset Tetap.Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 07 Tahun 2010 digunakan  menjadi acuan dalam penelitian kali ini.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, data didapatkan melalui sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini ialah studi dokumentasi dan wawancara. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan merupakan Teknik Analisa data yang digunakan dalam penelitian kali ini.

Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa BBPPKS Banjarmasin telah mengelompokan aset tetapnya sesuai dengan jenis, masa manfaat dan nilai perolehan. Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan PSAP No. 07 Tahun 2010 pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial secara keseluruhan hampir sesuai, ketidaksesuainya terjadi pada saat penyusutan aset tetap untuk masa manfaat asetnya tidak mengacu pada keputusan menteri keuangan nomor 59/KMK.6/2013 tentang tabel masa manfaat dalam rangka penyusutan barang milik negara berupa aset tetap pada entitas pemerintah pusat, serta terdapat kesalahan pengungkapan mutase tambah pada aset tetap peralatan dan mesin di laporan keuangannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI