DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kesesuaian Produk Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin
PENGARANG:Elsa Alfitriyani Haq
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-23


ABSTRAK

Elsa Alfitriyani Haq, 2023. Analisis Kesesuaian Produk Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarasin. Pembimbing: (1) Wisnu Subroto, S.S., M.A ; (2) Melisa Prawitasari, M. Pd.

 

Pop-Up Book merupakan produk pembelajaran sejarah yang diterapkan oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik dan disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Oleh karena itu, produk tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa supaya lebih aktif, kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kesesuaian produk pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran sejarah sebagai hasil belajar di kelas XI IPS MA Negeri 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan sebuah analisis tentang kesesuaian produk pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran sejarah di MA Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi kesesuaian produk pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran sejarah ini adalah: (1) Perencanaan pembuatan produk pembelajaran pop-up book diawali dengan pembuatan RPP, yang mana pada RPP terdapat bagaimana peserta didik menganalisis dan menyajikan hasil analisis tentang materi pembelajaran sejarah. (2) Pelaksanaan pembuatan produk pembelajaran pop-up book sesuai dengan RPP yang telah dibuat dan selama pelaksanaan berjalan dengan baik. (3) Hasil produk pembelajaran pop-up book menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif dan kreatif selama proses pembelajaran.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembuatan produk pembelajaran pop-up book berjalan sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru kesesuaian hasil produk pembelajaran pop-up book juga baik karena peserta didik mampu menyelesaikan dan menerapkan pop-up book sebagai hasil belajar sejarah pada saat pembelajaran.

Kata Kunci: Produk Pembelajaran Pop-Up Book, Pembelajaran Sejarah, MA Negeri 1 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI