DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING TAHUN AJARAN 2020/2021 PADA JENJANG SMP DAN SMA DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:M.Bayu Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-02-23


M. Bayu Rahman. NIM. 1710122310022. Dampak proses pembelajaran PJOKsecaradaringtahunajaran2020/2021padaJenjangSMPdanSMAdiKotaBanjarbaru.Skripsi,JurusanPendidikanOlahragadanKesehatan,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,UniversitasLambungMangkurat.Pembimbing:(I)Dr.Rahmadi,S.Pd.,M.Pd.(II)Dr.TriIrianto,M.Kes,AIFO.

Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuidanmenganalisisdampakpositifdannegatifdari“Dampakprosespembelajaran PJOK secara daringtahun ajaran 2020/2021 pada JenjangSMPdan SMAdi KotaBanjarbaru”.

Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatifdenganteknikclustersampling.Penelitianinibertujuanmengetahui mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dariDampakprosespembelajaranPJOKsecaradaringtahunajaran2020/2021padaJenjangSMP dan SMA di KotaBanjarbaru.

Teknik Sampling yang digunakan untuk menentukan banyaknyasampeldaripopulasiyangtersediaquotasamplingyangmerupakanteknikuntukmenentukansampeldaripopulasiyangmempunyaiciri-ciritertentu,populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK dan seluruh peserta didikSMP dan SMA di Kota Banjarbaru,sedangkan sampel yang digunakandalampenelitianiniberjumlah12orangguruPJOKdan467orangpesertadidikdari total populasi.

HasilPenelitianmenunjukkanbahwadampakcovid-19dalamproses pembelajaran daring jenjang SMP dan SMA di Kota Banjarbaru,dampak positif bagi guru yaitu mengaplikasikan teknologi/multimediasecaraefektif,menganalisiskinerjagurudalamprosespembelajaran,menganalisistingkatpemahamansiswa,menganalisisaktivitassiswa,menganalisi tingkat kejenuhan siswa. Sedangkan dampak negatif bagiguru yaitu melihat keterbatasan jangkauan internet, melihat sarana danprasarana. Dampak positif bagi siswa yaitu indikator Mengaplikasikanteknologi/multimediasecaraefektif,menganalisiskinerjagurudalamprosespembelajaran,menganalisistingkatpemahamansiswa,menganalisis aktivitas siswa, melihat sarana dan prasarana. Sedangkandampak negatif bagi siswa yaitu Pembiayaanyang digunakan selamaproses pembelajaran daring, evaluasi pembelajaran, melihat keterbatasanjangkauaninternet,menganalisismotivasibelajarsiswa,menganalisitingkat kejenuhan siswa. Selain indikator yang memiliki dampak positifataunegatifmakahasilkeseluruhanmemilikidampak yangseimbang.

 

Kata Kunci : Proses Pembelajaran Daring, Covid-19, Dampak Positif,DampakNegatif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI