DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PATRIARKI TERHADAP ALAM DAN PEREMPUAN DI PAPUA DALAM NOVEL "NAMAKU TEWERAUT" KARYA ANI SEKARNINGSIH
PENGARANG:Inneke Rahayu Nuur Wasilah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-02


Wasilah, Inneke Rahayu Nuur. 2022. Patriarki terhadap Alam dan Perempuan di Papua dalam Novel “Namaku Teweraut” Karya Ani Sekarningsih. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dewi Alfianti, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

Kata kunci: patriarki, alam, dan perempuan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan patriarki dalam novel Namaku Teweraut karya Ani Sekarningsih. Hal ini dilakukan karena pentingnya mempunyai kesadaran untuk menghargai kelestarian alam dan kesetaraan gender, sehingga menciptakan generasi pembelajar yang memiliki pengetahuan ekologi dan feminis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan ekofeminisme dengan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah novel Namaku Teweraut karya Ani Sekarningsih. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi pustaka. Analisis yang dilakukan mendeskripsikan hubungan perempuan dengan alam, bentuk patriarki, dan perlawanan perempuan terhadap dominasi patriarki.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam novel Namaku Teweraut, patriarki menjadi topik utamanya, dan diperoleh data berupa (1) relasi antara perempuan dengan alam; (2) dominasi laki-laki atas perempuan dan alam; dan (3) perlawanan terhadap kekuasaan patriarki. Masyarakat Asmat masih terikat adat-istiadat leluhurnya, sehingga segala sesuatunya masih diatur oleh adat. Salah satu bentuk dominasi patriarki yang terjadi ialah pada tradisi melahirkan, perjodohan, dan pemberian maskawin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI