DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH JUMLAH PENDUDUK MISKIN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN UPAH MINIMUM TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2007-2020
PENGARANG:RENI SETIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-02


ABSTRAKSI

Reni Setiawati (2022)  Pengaruh Jumlah Penduduk Miskin, Pertumbuhan Ekonomi, dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Tanah Laut 2007-2020. Pembimbing Dra. Ika Chandriyanti, M.P.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk miskin, pertumbuhan ekonomi, dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten tanah laut tahun 2007-2020. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan data time series selama 14 tahun dengan memakai metode analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh jumlah penduduk miskin, pertumbuhan ekonomi, dan upah minimum berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja secara simultan. Variabel Jumlah penduduk miskin dan upah minimum berpengaruh signifikan secara parsial dan variabel pertumbuhan ekonomi tidak signifikan mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Tanah Laut.

Saran dari penelitian ini adalah Pemerintah sebaiknya melakukan Pelatihan kerja guna meningkatkan kretifitas  Tenaga Kerja di Kabupaten Tanah Laut  untuk bisa masuk kedalam lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, selain itu pemerintah perlu memberikan pinjaman dana atau berupa lahan untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan hasil  komoditi terbesar di daerah tersebut yaitu seperti sawit dan karet.

Kata kunci : jumlah penduduk miskin ; pertumbuhan ekonomi ; upah minimum ; penyerapan tenaga kerja

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI