DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:DEWI NISRINA NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-02


Pemerintah secara bertahap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah formal. Beberapa sekolah sudah ditunjuk menjadi sekolah penggerak. Adapun sekolah lainnya diberi kebebasan dalam menentukan antara Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi. Beberapa sekolah di Hulu Sungai Selatan sudah menerapkan dengan opsi Mandiri Berubah. Untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan Kurikulum Merdeka dari sudut pandang guru dan siswa, maka perlu dilakukan penelitian yang berkaitan dengan topik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Matematika di SMA Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menggunakan Kurikulum Merdeka dengan opsi Mandiri Berubah. Variabel dari penelitian ini adalah persepsi guru dan persepsi siswa  terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Matematika. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 guru yang mengajar kelas X dan 259 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket persepsi guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan persepsi guru masuk dalam kategori terlaksana dengan baik dan berdasarkan persepsi siswa masuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI