DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DALAM PENGAWASAN PENYALURAN BANTUAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT KABUPATEN PASER TERDAMPAK PANDEMI COVID-19
PENGARANG:Hilda Elia Ningsih
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-03


Hilda Elia Ningsih, 1810413620037, “Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Pengawasan Penyaluran Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Kabupaten Paser Terdampak Pandemi Covid-19”. Di bawah bimbingan Samahuddin Muharram.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan sertamendeskripsikan mengenai peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam pengawasan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat Kabupaten Paser terdampak pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian yaitu Ketua Komisi II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Paser, Ketua DPRD Kabupaten Paser, Ketua LSM GEMPUR Paser dan masyarakat penerima bantuan sosial Kabupaten Paser.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PeranDewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser dalam pengawasan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat kabupaten Paser terdampak pandemi Covid-19 dapat dikatakan sudah terlaksana cukup baik, meliputi: a.Kegiatan dengar pendapat yang dilakukan DPRD Kabupaten Paser dalam rangka untuk memastikan kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD dalam hal ini Dinas Sosial telah berjalan sesuai yang direncanakan, b. Kunjungan kerja ke pihak penyalur bantuan sosial yaitu Bank BRI untuk memastikan penyaluran dana bantuan sosial berjalan lancar,c. Pembentukan panitia khusus, namun DPRD Kabupaten Paser tidak sampai membuat pansus karena tidak diperlukan sebab permasalahan yang ditemui tidak darurat dan dapat diselesaikan dengan dengar pendapat dan kunjungan kerja sebelumnya, d. Reses untuk menjamin aspirasi masyarakat tersampaikan terkait pencairan bantuan sosial yang mana dianggarkan melalui APBD.

Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ialah diperlukan aturan terkait penetapan waktu akses realisasi agar penyaluran dana bantuan sosial dapat tepat waktu demi terwujudnya dampak kesejahteraan yang cepat dan DPRD Kabupaten Paser agar cepat merespon isu yang beredar di masyarakat agar dapat segera ditangani.

 

Kata kunci: Dengar Pendapat, Kunjungan Kerja, Panitia Khusus, Reses

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI