DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGELOLAAN ASET TETAP PADA RSUD H. BADARUDDIN KASIM KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:KARIMA NUR ISTIQAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-03


ABSTRAK

Karima Nur Istiqamah (2022). Analisis Pengelolaan Aset Tetap Pada RSUD H. Badaruddin Kasim Kabupaten Tabalong. Pembimbing : M. Nordiansyah.

 

RSUD H.Badaruddin Kasim merupakan Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong berstatus Badan Layanan Umum Daerah yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat dan merupakan lembaga teknis Daerah Kabupaten/Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan aset tetappada RSUD H. Badaruddin Kasimserta untuk mengetahui apakah telah sesuai dengan Permendagri No.19 Tahun 2016.  

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data deskiptif yaitu melalui wawancara narasumber maupun observasi secara langsung serta melalui literatur yang berhubungan dengan variable penelitian, sebagai alat untuk menjelaskan peristiwa yang dalam hal ini adalah menjelaskan bagaimana pengelolaan aset tetap di RSUD H. Badaruddin Kasim.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa aset tetap yang dimiliki oleh RSUD H.Badaruddin Kasim dapat dimiliki secara jangka panjang, namun akan mengalami penyusutan yang akan mempengaruhi laporan keuangan. Pengelolaan asset dilakukan berdasarkan usulan dari setiap ruangan atau berdasarkan kebutuhan. Dilakukan pengusulan pemeliharaan setiap tahun untuk pemeliharaan rutin, penggantian suku cadang dan kalibrasi untuk alat kesehatan (dilakukan 1 kali dalam 1 tahun). Perencanaan kebutuhan dan penganggaran berdasarkan usulan dari setiap ruangan pengolahan aset tetap. Secara keseluruhan dapat dikatakan pengelolaan RSUD H. Badaruddin Kasimsudah optimal, Pengelolaan Aset Tetap pada RSUD H. Badaruddin Kasim sesuai dengan Permendagri No.19 Tahun 2016 dan RSUD H. Badaruddin Kasim mengacu pada Perbup Tabalong No.22 Tahun 2020 tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Barang Milik Daerah terkait pengelolaan asetnya.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Aset Tetap, Aset Tetap, RSUD

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI