DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Metode Pembelajaran Praktik dengan Pemanfaatan Sumber Lokal (Jeruk Siam) pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Kelas XI
PENGARANG:DEWI NORFITRI UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-03


Dewi Norfitri Utami, 2022. Pengembangan Metode Pembelajaran Praktik dengan Pemanfaatan Sumber Lokal (Jeruk Siam) pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Kelas XI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, (Pembimbing: Dr.Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber lokal (jeruk siam) melalui metode pembelajaran dengan materi pengolahan makanan khas asli daerah (orisinil) dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat. Penelitian ini mengukur kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan validasi ahli media dan praktisi. Penelitian adalah bentuk penelitian dan pengembangan dengan menggunakaan prosedur ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Mandastana. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni wawancara untuk data awal penelitian dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan media pembelajaran dimulai dari (1) tahap analisis (analysis) media pembelajaran yang digunakan tidak variatif yaitu hanya media bahan cetak berupa buku teks dan LKS saja (2) Tahap Desain (Design) yang memperolehrencanauntukmengembangkan media pembelajaran sumber belajar lokal dengan memanfaatkan jeruk siam (3) Tahap Pengembangan (Development) tahapan ini menghasilkan media pembelajaran yaitu pengolahan jeruk siam menjadi pudding buah jeruk (4) Tahap Implementasi (Implementation) uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 4.45 sedangkan uji coba kelompok besar mendapatkan skor 4.58 (5) Tahap Evaluasi (Evaluation) revisian dari tahap implementasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI