DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MAN 2 HULU SUNGAI UTARA | |
PENGARANG | : | BAIHAQI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-03-04 |
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat,
mengharuskan dunia pendidikan untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas
pendidikan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah
dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dengan
menggabungkan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dengan
pembelajaran online yang dikenal sebagai blended learning. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan proses pembelajaran blended learning, menganalisis hasil
belajar siswa, dan menganalisis tanggapan siswa setelah penerapan blended
learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan objeknya yaitu adalah tanggapan dan hasil belajar siswa setelah
mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan blended learning dan
subjeknya adalah siswa kelas X MIA 3 sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan instrumen lembar observasi, soal tes hasil belajar, dan angket
tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran
mendapatkan rata-rata persentase keterlaksanaan adalah 95.32% yang termasuk
dalam kategori sangat baik. (2) rata - rata hasil belajar siswa adalah 74,26
termasuk kategori baik. (3) tanggapan siswa dengan nilai rata - rata sebesar
72.79% termasuk kategori setuju.
Kata kunci: blended learning, matematika
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI