DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MAN 2 HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:BAIHAQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-04


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat, 

mengharuskan dunia pendidikan untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas 

pendidikan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah 

dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dengan 

menggabungkan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dengan 

pembelajaran online yang dikenal sebagai blended learning. Tujuan penelitian ini

adalah mendeskripsikan proses pembelajaran blended learning, menganalisis hasil 

belajar siswa, dan menganalisis tanggapan siswa setelah penerapan blended 

learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode 

deskriptif dengan objeknya yaitu adalah tanggapan dan hasil belajar siswa setelah 

mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan blended learning dan 

subjeknya adalah siswa kelas X MIA 3 sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan 

data menggunakan instrumen lembar observasi, soal tes hasil belajar, dan angket 

tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran 

mendapatkan rata-rata persentase keterlaksanaan adalah 95.32% yang termasuk 

dalam kategori sangat baik. (2) rata - rata hasil belajar siswa adalah 74,26

termasuk kategori baik. (3) tanggapan siswa dengan nilai rata - rata sebesar 

72.79% termasuk kategori setuju.

Kata kunci: blended learning, matematika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI