DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PENGARUH PENGGUNAAN BEADS KITOSAN-TRIPOLIFOSFAT MAKROPORI TERHADAP NILAI KADAR ZAT WARNA DAN TOTAL DISSOLVED SOLID (TDS) PADA LIMBAH CAIR SASIRANGAN
PENGARANG:RETNO ELYA ROHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-06


KAJIAN PENGARUH PENGGUNAAN BEADS KITOSAN-TRIPOLIFOSFAT MAKROPORI TERHADAP NILAI KADAR ZAT WARNA DAN TOTAL DISSOLVED SOLID (TDS) PADA LIMBAH CAIR SASIRANGAN (Oleh: Retno Elya Rohmah; Pembimbing: Dahlena Ariyani, S.Si., M.S dan Utami Irawati, S.Si., M.E.S., Ph.D; 2023; 32 halaman)

 

Kajian pengaruh penggunaan beads kitosan-tripolifosfat makropori terhadap nilai kadar zat warna dan total dissolved solid (TDS) pada limbah cair sasirangan telah dilakukan. Beads kitosan-tripolifosfat makropori diinteraksikan dengan limbah cair sasirangan menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis kemudian dilakukan analisis terhadap zat warna. Analisis terhadap nilai TDS dengan metode gravimetri. Karakterisasi beads kitosan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan limbah cair sasirangan dianalisis menggunakan FTIR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis dan pH terhadap kinerja beads kitosan-tripolifosfat dalam pengolahan limbah cair sasirangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beads kitosan-tripolifosfat yang diinteraksikan dengan limbah cair sasirangan memiliki hasil yang optimum pada dosis 400 mL/L dengan persentase 78,83%, sedangkan nlai parameter TDS mengalami kenaikan. Pengaruh pH terhadap kemampuan beads dalam menurunkan kadar warna memberikan hasil yang optimum pada pH 9 dengan persentase 93,66%, sedangkan terhadap TDS semakin meningkatnya pH semakin tinggi nilai TDS. Interaksi antara beads kitosan-tripolifosfat dengan limbah ditunjukkan adanya pergeseran bilangan gelombang pada gugus vibrasi OH dan NH (NH2) dengan bilangan gelombang 3619 - 3534 cm-1 dan menunjukkan hasil bahwa beads kitosan-TPP dapat mengabsorbsi limbah cair sasirangan.

Kata Kunci: kitosan, beads, metode ikat-silang, natrium tripolifosfat, FTIR. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI