DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMP NEGERI 1 MUARA UYA
PENGARANG:HIBATULLAH MILLEN AMINOTO PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-07


Hibatullah Millen Aminoto Putra. 2023. Efektivitas Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Motvasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Muara Uya. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Rabiatul Adawiah, (II) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci: Metode bermain peran, motivasi belajar, Pelajaran PPKn

 

 

Metode bermain peran adalah metode pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk bermain peran pada skenario tertentu. Metode bermain peran ini menggambarkan suatu peristiwa, bisa yang telah terjadi di masa lampau atau pun mungkin juga yang terjadi di masa mendatang, metode ini adalah bagian dari imulasi yang bisa diartikan sebagai proses pembelajaran dengan melakukan tingkah laku secara tiruan.

Diketahui masih terdapat beberapa siswa SMP Negeri 1 Muara Uya yang  belum mencapai KKM terutama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi baru yang dapat memotivasi para siswa dalam belajar PPKn, serta dapat memberdayakan para siswa sehingga proses belajarnya lebih bermakna yang dan dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn. Salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan metode bermain peran.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode bermain peran dalam motivasi belajar siswa pembelajaran PPKn dan menganalisis metode bermain peran efektif dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Uya.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuisioner yang dibagikan kesiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus statistika.

 

v

Hasil penelitian berupa hasil uji hipotesis terhadap motivasi belajar siswamenunjukan thitungsebesar 2,614 dan ttabel sebesar 1,998 (thitung > ttabel), maka Hoditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuanmetode role playing dengan siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan metodeceramah pada materi keputusan bersama. Motivasi belajar siswa yang mendapatperlakuan metode role playing lebih baik daripada yang mendapat perlakuanmetode ceramah, sehingga guru perlu mempertimbangkan menerapkan metoderole playing pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Muara Uya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI