DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK MENONTON APLIKASI YOUTUBE TERHADAP NILAI TANGGUNG JAWAB WAJA SAMPAI KAPUTING PADA GENERASI MILENIAL DI MAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MA'RIFATUL WAHDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-08


ABSTRAK

 

Wahdah, Ma’rifatul. 2022. Dampak Menonton Aplikasi Youtube Terhadap Nilai Tanggung Jawab Waja Sampai Kaputing Pada Generasi Milenial di MAN 1 Banjarmasin. Pembimbing : (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M. Pd. (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

 

Kata Kunci : Dampak menonton aplikasi Youtube, Nilai Tanggung Jawab, Waja Sampai Kaputing, Generasi Milenial

 

Pesatnya perkembangan teknologi serta penggunaan sosial media menimbulkan berbagai dampak, baik dampak positif maupun negatif. Begitu pula aplikasi Youtube yang tak luput dari dampak negatif dalam penggunaannya, yaitu menjadi malas dan lebih suka menyendiri, komunikasi interpersonal bisa jadi lebih baik namun juga bisa jadi lebih buruk, tiada hari tanpa menonton Youtube mudah terpancing emosinya (tindakan agresif), mudah terpengaruh dengan hal-hal yang ditonton. Maka dari itu diperlukan landasan nilai-nilai karakter untuk menangkal dampak negatif tersebut. Nilai tanggung jawab waja sampai kaputing yang diangkat dalam penelitain ini, waja sampai kaputing yang bermakna apabila memulai suatu pekerjaan harus dikerjakan sampai selesai. Berdasarkan nilai waja sampai kaputing maka nilai tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran dampak menonton aplikasi Youtube terhadap nilai tanggung jawab waja sampai kaputing pada generasi milenial di MAN 1 Banjarmasin. Generasi milenial sendiri ialah generasi yang lahir antara rentang tahun 1983-2001 sangat bergantung pada teknologi untuk tujuan yang berbeda-beda.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner terbukadan  dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian didapatkan bahwa generasi milenial di MAN 1 Banjarmasin dirasa cepat beradaptasi dan memiliki pemikiran yang lebih terbuka serta mampu memanfaatkannya dengan baik dalam proses pembelajaran namun mereka merasakan dampak menonton aplikasi Youtube yang menguntungkan dan juga merugikan diri mereka sendiri. Tidak semua siswa mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, karena kembali ke siswa lagi, jika siswa tersebut sadar akan tanggung jawabnya sebagai siswa tentu akan berusaha melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik. Ada siswa yang menggunakan waktunya seefektif mungkin untuk mengerjakan tugas. Ada juga siswa yang tidak menggunakan waktunya untuk mengerjakan tugas. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan topik penelitian dengan mengaitkan variabel lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI