DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KOTABARU | |
PENGARANG | : | Puteri Chalia | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-03-09 |
ABSTRAK
Puteri Chalia, 1810411620002, 2022. “Efektivitas Pelayanan Pembuatan Akta
Kelahiran Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotabaru. Dibawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.
Dalam masa pandemi covid- 19, Pelayanan Akta Kelahiran yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotabaru ini tidak berjalan dengan baik, ini berdampak pada jumlah pemohon atau penerbitan yang mengalami penurunan di karnakan adanya pembatasan sosial yang membatasi interaksi antar pengguna layanan dan petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten kotabaru. Sejumlah alternatif dilakukan agar pelayanan tetap jalan namun tetap melaksanakan sesuai SOP pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan pelayanan melalui online menggunakan WhatsApp dan pelayanan langsung.Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Pembuatan AktaKelahiran Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotabaru, beserta faktor-faktor yang menghambat efektivitas pelayanan tersebut.
Penelitian ini dilakukan menggunakan Pendekatan Kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder kemudian data akan dianalis menggunakan Model Interaktif Miles dan Huberman.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas dari organisasi yang memberikan pelayanan menurut Siagian,yang di dalamnya terdapat tiga kriteria yaitu faktor waktu, faktor kecermatan, dan faktor gaya pemberian pelayanan.
Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukan bahwaEfektivitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotabaru ini berdasarkan indikator tersebut sudah efektif dilihat dari 3 indikator tersebut . Adapun faktor- faktor yang menghambat pelayanan terdapat dua faktor yaitu kendala jaringan dan Keterbatasan akses internet di masyarakat dan fasilitas pendukung.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan,akta kelahiran,covid-19
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI