DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENERAPAN TAX PLANNING PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 KARYAWAN DALAM MENGEFISIENSI PAJAK PENGHASILAN BADAN CV. BERKAH INDAH GEMILANG
PENGARANG:DINI MAULIZA AZWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-10


 

Dini Mauliza Azwar, (2022). “Penerapan Tax Planning Pajak Penghasilan Pasal 21 Karyawan dalam Mengefisiensi Pajak Penghasilan Badan CV. Berkah Indah Gemilang”. Pembimbing: Saprudin, SE, M.Si, Ak, CA, ACPA.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pajak (tax planning) yang diterapkan pada CV. Berkah Indah Gemilang melalui pemilihan metode perhitungan PPh 21 karyawan yaitu Gross Method, Net Method dan Gross Up Method dalam upaya meningkatkan efisiensi pajak penghasilan badan.

            Penelitian ini menggunakan data sekunder, yakni laporan keuangan dan struktur gaji karyawan yang didapat dari CV. Berkah Indah Gemilang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi diikuti dengan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif.

            Hasil penelitian yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapan perencanaan pajak melalui tunjangan pajak atau gross up kepada karyawan dapat berpengaruh terhadap penurunan beban pajak penghasilan yang awalnya sebesar Rp 561.673.250 menjadi Rp 559.430.000. Hal ini disebabkan karena adanya tunjangan pajak yang menjadi biaya pengurang dalam perhitungan beban pajak penghasilan perusahaan. Selain itu, penerapan perencanaan pajak melalui perhitungan pajak menggunakan perhitungan Gross Up Method mampu mengefisiensi pajak penghasilan badan sebesar Rp 318.079 dibanding menggunakan perhitungan Gross Method dan Net Method. Maka dari itu, perencanaan pajak melalui perhitungan pajak menggunakan Gross Up Method dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. Karyawan mendapatkan tunjangan pajak dari perusahaan sehingga mampu meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan, sedangkan perusahaan dapat menekan pajak penghasilan perusahaan.

Kata kunci: Tax Planning, Pajak Penghasilan Pasal 21, Efisiensi, Beban Pajak Penghasilan, Gross Up Method.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI