DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran kepimpinan Lurah dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
PENGARANG:AHMAD KHOIRUL NI'AM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-10


ABSTRAK

 

AHMAD KHOIRUL NI’AM, NIM. 171041361005, 2023 Peran kepimpinan Lurah dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Pembimbing Ibu Siti Hamidah.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran kepimpinan Lurah dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan Triangulasi teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penilitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data  dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan Lurah dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Alalak Selatan sudah terlaksana tetapi ada indikator yang belum terlaksana hal ini dapat dilihat berdasarkan Indikator Pengambilan Keputusan terkait melalui proses daur ulang sampah dengan adanya kerjasama Bank Sampah Induk hal ini terkait dalam pelaksanaan, sedangkan peran Lurah dalam mobilisasi belum terlaksana secara optimal dikarenakan sarana dan prasarana yang di miliki belum bisa membantu mobilisasi dengan cepat. Peran Mempengaruhi terkait menggunakan kewenangannya sebagai pemimpin sudah terlaksana dapat dilihat melalui bentuk mempedulikan program-program yang ada, kemudian dalam membentuk kelompok pengelolaan sampah sudah terlaksana. Peran Motivasi terkait penambahan insentif belum terlaksana dikarenakan gajih yang dimiliki petugas kebersihan itu perbulan. Peran Informasional terkait proses sosilisasi menyeluruh peran tersebut sudah terlaksana hal itu dapat dilihat melalui sosialisasi yang diberikan kemudian untuk layanan informasi juga sudah dilaksanakan.

 

            Kepada pihak pemerintah dan khususnya kelurahan Alalak Selatan perlu adanya penambahan memberikan anggaran sarana persampahan untuk mempermudah mobilisasi kemudian terhadap masyarakat diberikan tindakan tegas ataupun diberikan sanksi bagi warga terkait pencemaran lingkungan.

 

 

Kata Kunci: Peran Kepemimpinan,Lurah, Sampah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI