DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Reaksi Kinerja Pasar Modal Indonesia Terhadap Masuknya Virus Covid-19 Bulan Maret 2020 (Studi Pada Indeks Saham LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
PENGARANG:YUDHA MAULIDZA AL FARIZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-13


Yudha Maulidza Al Farizi (2022). Analisis Reaksi Kinerja Pasar Modal Indonesia Terhadap Masuknya Virus Covid-19 Bulan Maret 2020 (Studi Pada Indeks Saham LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Pembimbing: Ali Sadikin, SE., M.M.

Penelitian ini merupakan studi peristiwa yang bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya reaksi kinerja pasar modal Indonesia terhadap pengumuman masuknya virus Covid-19 pada indeks saham LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang diukur dengan melihat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan yang terdapat di Bursa efek Indonesia yang masuk dalam indeks saham LQ45 periode Februari – Juli 2020. Penentuan sampel yaitu dengan menggunakan metode sampling jenuh, sehingga diperoleh sebanyak 45 perusahaan. Penelitiaan ini menggunakan data sekunder seperti harga penutupan saham harian, volume perdagangan saham harian, dan jumlah saham yang beredar selama periode penelitian. Periode pengamatan pada penelitian ini adalah 11 hari perdagangan saham yang terdiri dari lima hari sebelum, satu hari saat, dan lima hari setelah peristiwa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis antara lain uji paired sample t-test dan uji Wilcoxon signed rank test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan abnormal return dari sebelum dan sesudah adanya pengumuman Covid-19, dan tidak terdapat perbedaan signifikan trading volume activity antara sebelum dan sesudah adanya pengumuman Covid-19.

Kata Kunci: Pasar Modal, Studi Peristiwa, Abnormal return, Trading volume activity, Covid-19, Indeks LQ45

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI