DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN)
PENGARANG:Rizka Indriani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-13


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari penghargaan finansial/gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, lingkungan kerja, petimbangan pasar kerja, dan personalitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang berjumlah 1.003 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 392 kuesioner. Jumlah kuesioner kembali adalah 239 kuesioner dengankuesioner yang valid berjumlah 220 kuesioner, sehingga sampel bersih dalam penelitian ini adalah 220 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa akuntansi angkatan 2018 dan 2019. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan aplikasi SPSS 25.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penghargaan finansial/gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, pertimbangan pasar kerja dan personalitas berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik, sedangkan lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikanterhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik. Hal tersebut dapat dilihat pada uji parsial (uji t) yang memperlihatkan hasil nilai thitung setiap variabel X di atas nilai ttabel dan nilai signifikan < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Namun terdapat perbedaan pada variabel lingkungan kerja (X4) yang memperlihatkan nilai thitung di bawah nilai ttabel dan nilai signifikan > 0,05, sehingga H4 ditolak dan H0 diterima.

 

Kata Kunci: Penghargaan Finansial/Gaji, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional, Lingkungan Kerja, Pertimbangan Pasar Kerja, Personalitas, Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karier Sebagai Akuntan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI