DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ACADEMIC SELF EFFICACY SISWA SMA NEGERI 1 MANDASTANA DI MASA PEMBELAJARAN SETELAH PANDEMI COVID-19
PENGARANG:RABIATUL JANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-13


ABSTRAK

 

Rabiatul Janah. 2022. Academic Self Efficacy Siswa SMA Negeri 1 Mandastana Di Masa Pembelajaran Setelah Pandemi Covid-19. Pembimbing (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd., Pembimbing (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

Kata Kunci: Academic Self Efficacy, Siswa.

Setiap individu memiliki academic self efficacy dalam dirinya yang membedakannya adalah kualitas academic self efficacy tersebut. Academic self efficacy mengacu pada kenyakinan atau kemampun individu untuk menggerakkan motivasi, kemampuan kognitif dan tindakan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan akademik sehingga capaian hasil akademik siswa menjadi optimal dan begitu juga sebaliknya. 

Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pengambilan subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa di SMA Negeri 1 Mandastana berdasarkan rekomendasi dari guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran melalui data buku kasus dan surat panggilan orang tua siswa. Melakukan wawancara dengan Guru Bimbingan Konseling dan Guru Mata Pelajaran serta siswa dan juga melakukan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles and Huberman. 

Berdasarkan hasil data disimpulkan bahwa pada gambaran academic self efficacy siswa di SMA Negeri 1 Mandastana di masa pembelajaran setelah pandemi covid-19 siswa memiliki kualitas academic self efficacy yang tergolong kurang baik. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya hendaknya memperhatikan penyebab kualitas academic self efficacy yang tergolong kurang baik pada sampel maupun kepada siswa yang masih belum terjangkau pada penelitian ini dan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan jenis penelitian yang berbeda seperti pengaruh maupun kolerasi dengan pendekatan kuantitatif agar mendapatkan data yang lebih relevan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI