DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN USUL PENSIUN DINI BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:ALISHA QATHRUNNIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-14


Alisha Qathrunnida 1810413220010 Pelayanan Usul Pensiun Dini di Kantor Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Hulu Sungai Utara Dibimbing oleh Muhammad Najeri Al Sahrin, S.IP., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Usul Pensiun Dini di Kantor Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tipe penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian Pelayanan Usul Pensiun Dini di Kantor Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah baik dengan memenuhi kedelapan indikator prinsip pelayanan dari bambang istianto. BKPSDM Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah melakukan pelayanan usul pensiun dini dengan baik, PNS yang mengusulkan pensiun juga menerangkan bahwa pelayanan yang diberikan sudah baik. Walaupun dalam praktiknya masih mempunyai banyak faktor penghambat baik secara internal maupun eksternal, terutama pada waktu penyelesaian penerbitan SK.

Penulis menyarankan kepada BKPSDM Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk meningkatkan ketelitian dalam menerima dan memeriksa berkas PNS yang akan mengusulkan pensiun dini. Saran untuk PNS adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengusulkan pensiun dini sesuai dengan waktu yang ditentukan agar tidak terjadi keterlambatan SK dan hal lain yang tidak diinginkan.

Kata Kunci : Pelayanan, Pelayanan Publik, BKPSDM, Pensiun Dini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI