DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR (Studi Multi Situs di SDN Sungai Jingah 1 dan SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin)
PENGARANG:MUTIA FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-14


ABSTRAK

Fitriani, Mutia 2022. Manajemen Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar(Studi Multi Situsdi SDN Sungai Jingah 1 dan SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin). Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph. D (II) Dr. Ngadimun, MM.

Kata kunci: Manajemen kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perencanaan manajemen kurikulum 2013, menggali bentuk pelaksanaan manajemen kurikulum 2013, mengevaluasi manajemen kurikulum 2013, serta menggali kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan manajemen kurikulum 2013.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi multisitus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data individu dan analisis lintas kasus. Sedangkan keabsahan data dicek dengan cara validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas, dan objektivitas.

Hasil penelitian ini adalahperencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala dalam manajemen kurikulum 2013 dilaksanakan dengan penyusunan pengembangan kurikulum, kebutuhan sekolah tertuang dalam visi misi sekolah dan rencana jangka pendek, menengah dan panjang sekolah yang meliputi kegiatan pembelajaran harian, mingguan, bulanan, semester, dan tahunan yang melibatkan kepala sekolah, guru, siswa dapat diatasi dengan cara melakukan pendekatan, memberi pengertian, dan sosialisasi manajemen kurikulum 2013.

Saran dari penelitian ini ditujukan kepada: (1) bagi pihak sekolah dalam manajemen kurikulum 2013 untuk meningkatkan mutu pendidikan (2) bagi orang tua siswa diharapkan terus mendukung anak dalam melakukan kerja sama dengan sekolah (3)bagi para siswa diharapkan terus semangat dalam belajar dan mampu mengaplikasikan pembelajaran yang diberikan di sekolah (4) bagi para penulis dan para peneliti diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut berkaitan manajemen kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI