DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja UMKM di Kawasan Wisata Kuliner Baiman Kota Banjarmasin
PENGARANG:Pahrurazi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-15


Pahrurazi, 1810412210024, 2018, Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja UMKM di Kawasan Wisata Kuliner Baiman Kota Banjarmasin. Dibawah Bimbingan: Saladdin Ghalib.

            Kinerja usaha merupakan capain yang diperoleh sebuah seseorang, ataupun perusahaan dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui pengaruh Human Capital, Structure Capital, dan Relational Capital yang akan terbentuk menjadi Modal Intelektual terhadap Kinerja UMKM. Responden dalam penelitian ini merupakan para pelaku usaha di Kawasan Wisata Kuliner Baiman Kota Banjarmasin yang di ambil menggunakan Teknik nonprobability sampling. Sehingga diperoleh 40 responden pelaku usaha di Kawasan Wisata Kuliner Baiman yang dijadikan sampel penelitian. Data yang digunakan diambil dari kuesioner dan Teknik analisis  deskriptif, analisis asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji t) pada variabel Human Capital (X1) terhadap Kinerja UMKM (Y) menunjukkan nilai sig. 0,042 dimana nilai ini mempunyai nilai yang lebih kecil dari 0,05 dan menghasilkan nilai thitung sebesar 2,110. Hal ini menunjukkan bahwa Human Capital berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja UMKM dengan besar pengaruh signifikannya adalah 0,351 atau 35,1%. Pada variabel Structure Capital (X2) terhadap Kinerja UMKM (Y) menunjukkan nilai sig. 0,576 dimana nilai ini mempunyai nilai yang lebih besar dari 0,05 dan menghasilkan nilai thitung sebesar -0,564. Hal ini menunjukkan bahwa Structure Capital tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja UMKM dengan hanya memiliki besar pengaruh signifikannya adalah -0,079 atau 7,9%. Pada variabel Relational Capital (X3) terhadap Kinerja UMKM (Y) menunjukkan nilai sig. 0,017 dimana nilai ini mempunyai nilai yang lebih kecil dari 0,05 dan menghasilkan nilai thitung sebesar 2,509. Hal ini menunjukkan bahwa Relational Capital berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja UMKM dengan besar pengaruh signifikannya adalah 0,481 atau 48,1%. Berdasarkan hasil pengujian secara Simultan (uji f) pada variabel Human Capital, Structure Capital dan Relational Capital terhadap Kinerja UMKM menunjukkan nilai sig. 0,000 dimana nilai ini mempunyai nilai yang lebih kecil dari 0,05 dan menghasilkan nilai fhitung sebesar 14,268. Hal ini menunjukkan bahwa Human Capital, Structure Capital dan Relational Capital berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kinerja UMKM dengan besar pengaruh signifikannya adalah 0,543 atau 54,3%

Kata kunci : Human Capital, Structure Capital, Relational Capital, Modal Intelektual, Kinerja UMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI