DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN RUMAH SAKIT SWASTA DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MARIA FRIDOLINA NAIAKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-16


ABSTRAKSI

Maria Fridolina Naiaki (2022), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. Pembimbing I: Dr. Kadir, Drs, M.Si, Ak, CA. Pembimbing II: Dra. Sustinah Limarjani, SH, MM, Ak, CA

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh good corporate governance (transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, fairness) dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan rumah sakit swasta di kota Banjarmasin.

Jenis data dalam penelitian ini merupakan data primer yaitu kuesioner yang dibagikan kepada karyawan rumah sakit swasta yang ada di kota Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah direktur, wakil direktur, kepala bagian keuangan dan karyawan-karyawati bagian keuangan yang berjumlah 62 orang. Metode analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda dengan proses perhitungan menggunakan program aplikasi SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa transparansi, akuntabilitas, kompetensi sumber daya manusia  berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Responsibilitas dan independensi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Fairness berpengaruh negatif terhadap kualitas laporan keuangan.

                                                         

Kata Kunci : good corporate governance, kompetensi sumber daya manusia, kualitas laporan keuangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI