DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA GRUP MUSIK PARNA JAYA TERHADAP PELESTARIAN MUSIK GONDANG SABANGUNAN PADA MASYARAKAT SUKU BATAK TOBA DI KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Jimderik Rintar Apriando. S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-17


ABSTRAK

 

Jimderik Rintar Apriando Siahaan. 2022. Upaya Grup Musik Parna Jaya Terhadap Pelestarian Musik Gondang Sabangunan Pada Masyarakat Suku Batak Toba Di Kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan.Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Maryanto, M.Sn. dan M. Budi Zakia Sani, M.Pd.

Kata kunci : Upaya, Pelestarian, Musik Gondang Sabangunan, Grup Musik Parna Jaya

Gondang Sabangunan merupakan salah satu kesenian dari Provinsi Sumatera Utara yang ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Grup Musik Parna Jaya merupakan salah satu grup musik Gondang Sabangunan yang ada di Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan letak geografis, profil, sejarah, dan upaya pelestarian serta faktor pendukung dan penghambat Grup Musik Parna Jaya terhadap pelestarian Musik Gondang Sabangunan pada masyarakat Suku Batak Toba di Kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan. Topik ini sangat menarik untuk dijadikan sebuah karya ilmiah, karena Grup Musik Parna Jaya merupakan salah satu grup musik Gondang Sabangunan yang melestarikan musik Gondang Sabangunan di Kota Banjarmasin meskipun tidak di tanah kelahirannya Sumatera Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Untuk menunjang pendekatan kualitatif penelitian ini mengumpulkan data dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder yang berfokus pada objek dan subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti mendeskripsikan sejarah dan eksistensi Grup Musik Parna Jaya serta mendokumentasikan penampilan grup musik mereka, menjabarkan  upaya pelestarian Grup Musik Parna Jaya untuk melakukan pelestarian musik Gondang Sabangunan, dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi minat masyarakat dalam pelestarian musik Gondang Sabangunan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI