DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PENANGANAN STUNTING INTERVENSI GIZI SPESIFIK KELURAHAN MANTUIL KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:KHUSNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-18


ABSTRAK

 

Khusnul Khatimah, 1910411220034. “Kualitas Pelayanan Penanganan Stunting Intervensi Gizi Spesifik Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin”. Di bawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan.

Banyaknya jumlah balita yang mengalami stunting di Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin dijadikan sebagai wilayah zona merah yang terindikasi yang mengalami stunting paling banyak di Kota Banjarmasin sehingga dijadikan sebagai lokus penanganan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam penanganan stunting intervensi gizi spesifik di Kelurahan Mantuil serta faktor penghambat dalam proses penanganan stunting intervensi gizi spesifik di Kelurahan Mantuil.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian,dipilih dari 12 indikator menjadi 6 indikator yang di prioritaskan dalam StandarPelayananPublikmenurutUU No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, yaitu :a) Prosedur pelayanan b) Waktu penyelesaian c) Biaya pelayanan d) Produk pelayanan e) Sarana dan prasarana f) Kompetensi petugas pelayanan. Prosedur pelayanan dalam penanganan stunting intervensi gizi spesifik cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Waktu penyelesaian pelayanan dalam penanganan stunting intervensi gizi spesifik cepat dan tanggap. Biaya pelayanan penanganan stunting intervensi gizi spesifik tidak dipungut biaya. Produk pelayanan yang diberikan sudah baik. Sarana dan prasarana sudah lumayan lengkap dan memadai. Kompetensi petugas pelayanan yang sudah bagus dan kompetitif.Faktor penghambat dalam penanganan stunting intervensi gizi spesifik yang ada di Kelurahan Mantuil adalah : (1) Kurang nya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum dan pada masa kehamilan, serta setelah ibu melahirkan (2) Terbatasnya penunjang layanan kesehatan (3) Jamban dan sungai yang kurang bersih(4) Angka Kemiskinan Yang Tinggi.

Saran penelitian adalah untuk memperhatikan para ibu mengenai penerapan pengetahuan yang telah disampaikan, untuk menambah alat transportasi yang dapat menjangkau daerah terpencil, memenuhi ketersediaan air bersih, memastikan pada pelaksanaan program PKH tepat sasaran, Kepada peneliti selanjutnya untuk lebih mengkaji hubungan stunting dan status ekonomi yang ada di Kelurahan Mantuil.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Stunting, Intervensi Gizi Spesifik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI