DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM RUMAH SEJAHTERA (PRS) TAHUN 2021 DI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:NOR AFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-19


Nor Afifah, 1910413120003, Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Sejahtera (PRS) Tahun 2021 di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di bawah bimbingan Bapak Husein Abdurahman.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Sejahtera (PRS) Tahun 2021 di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi sekaligus responden dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang terdiri atas seluruh kepala keluarga penerima bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS). Adapun, analisis data menggunakan statistik sederhana (mean dan median).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penelitian terdapat lima indikator yang digunakan sebagai upaya untuk mengetahui tingkat Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Sejahtera (PRS) Tahun 2021 di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Indikator tersebut menggunakan teori Edy Sutrisno yaitu (1) indikator pemahaman program berada pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 10,12. (2) indikator tepat sasaran berada pada kategori “Cukup Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 15,40. (3) Indikatot tepat waktu berada pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 11. (4) indikator tercapainya tujuan berada pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 16,75. (5) indikator perubahan nyata berada pada kategori “Efektif” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 11,37. Dari kelima indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Program Rumah Sejahtera (PRS) Tahun 2021 di Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Selatan termasuk dalam kategori “Efektif” dengan rata-rata (mean) 64,64 (berada pada rentang 61,5 – 75,9 = Efektif). Berarti hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

 

Kata Kunci: Tingkat Efektivitas, Pelaksanaan Program Rumah Sejahtera (PRS)

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI