DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PELESTARIAN MUSIK TRADISIONAL KINTUNG DI DESA BANUA ANYAR SUNGAI TUAN KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:IBNU AL FAROUK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-29


Musik tradisional Kintung merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu tempat yang masih berupaya melestarikan kesenian musik tradisional Kintung yaitu masyarakat yang terdapat di Desa Banua Anyar Sungai Tuan Kecamatan Astambul. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah (1) Bagaimana upaya pelestarian musik tradisional Kintung di Desa Banua Anyar Sungai Tuan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan? (2) Apa saja faktor-faktor Pendukung dan Penghambat yang mempengaruhi upaya pelestarian musik tradisional Kintung di Desa Banua Anyar Sungai Tuan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan?. Adapun tujuan penelitian (1) Mengetahui dan mendeskripsikan serta meneliti secara langsung ke lapangan terhadap pelestarian musik tradisional Kintung di Desa Banua Anyar Sungai Tuan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, dan (2) Mengetahui dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat setempat terhadap pelestarian kesenian musik Kintung.

Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan data secara objektif dan lengkap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan wawancara kepada narasumber yang berkenan dengan penelitian ini. Selain itu, digunakan pula dokumentasi berupa foto yang menjadi bukti fisik untuk mendukung penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengumpulan data, diperoleh simpulan (1) lokasi Desa Banua Anyar Sungai Tuan, (2) upaya pelestarian musik tradisional Kintung oleh masyarakat di Desa Banua Anyar Sungai Tuan, (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi upaya pelestarian musik tradisional Kintung di Desa Banua Anyar Sungai Tuan.

Kata Kunci : Upaya Pelestarian, Musik Tradisional, Kintung. Musik tradisional Kintung merupakan salah sat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI