DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI FUNGSI LINEAR UNTUK SISWA SMP/MTs SEDERAJAT
PENGARANG:IRMA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-29


PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI FUNGSI LINEAR UNTUK SISWA SMP/MTs SEDERAJAT (Oleh: Irma Amelia; Pembimbing: Karim, Kamaliyah; 2023; 48 halaman)

 

ABSTRAK

 

Modul ajar dapat dikatakan sebagai suatu implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP) dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar berbasis etnomatematika adalah salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sekaligus dapat memperkenalkan serta menumbuhkan sikap menghargai. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan modul ajar berbasis etnomatematika dalam Kurikulum Merdeka pada materi Fungsi Linear untuk siswa SMP/MTs Sederajat yang valid dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode (research and development) model Plomp. Model Plomp yang digunakan terdiri dari empat fase yaitu diantaranya fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validitas oleh empat validator ahli dan uji keefektifan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil analisis lembar validasi skor rata-rata total semua validator dengan skor sebesar 3,68 yang masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Kemudian hasil analisis keefektifan Modul Ajar oleh peserta didik sebesar 88 yang masuk dalam kategori “Sangat Efektif”. Dengan demikian, modul ajar berbasis etnomatematika dalam Kurikulum Merdeka pada materi Fungsi Linear untuk siswa SMP/MTs Sederajat ini valid dan efektif.

 

Kata kunci: Modul Ajar, etnomatematika, fungsi linear.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI