DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA KANTOR KECAMATAN ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MELLYNIA IKA WIBAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


Mellynia Ika Wibawati, 1910413320005, Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Dibawah bimbingan Bapak Husein Abdurahman.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi sekaligus responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang masyarakat yang pernah mengajukan pelayanan bidang perizinan yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  pada Kantor Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 indikator yang digunakan sebagai upaya untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Indikator tersebut antara lain, yaitu (1) Indikator bukti langsung (tangible) berada pada kategori “Puas” dengan pencapaian skor rata-rata (mean) 16. (2) Indikator kehandalan (reliability) berada pada kategori “Kurang Puas” dengan pencapaian skor rata-rata 19. (3) Indikator daya tanggap (responsiveness) berada pada kategori “Puas” dengan pencapaian skor rata-rata 12. (4) Indikator jaminan (assurance) berada pada kategori “Puas” dengan pencapaian skor rata-rata 20. (5) Indikator empati (empathy) berada pada kategori “Puas” dengan pencapaian skor rata-rata 12. Dari kelima indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu termasuk dalam kategori “Puas”  dengan total skor nilai rata-rata yaitu 79 yang berada pada rentang 71 – 87. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) yaitu “Masyarakat merasa puas atas pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu” pada penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak.

 

 

Kata Kunci: Tingkat Kepuasan Masyarakat, Pelayanan IMB.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI